Pages

Thursday 15 November 2012

Korea Jual Heli Militer ke Indonesia


86ee3dbfd3d4bf4df628b7b057dbceb2
Helikopter Militer Surion (Foto: Istimewa)

itoday - Setelah berhasil menjual pesawat latih tempur jet T-50 Golden Eagle dan pesawat latih KT-1 Wong Bee ke Indonesia, Korea Aerospace Industries (KAI) berniat untuk kembali memasarkan salah satu barang andalannya ke Indonesia.

Dikutip dari IHS Janes, Senior Executive Vice President KAI, Noh Sun-park di acara Indo Defence, Jakarta, mengatakan, perusahaannya melihat adanya peluang untuk memasarkan produk helikopternya, Surion, dan kerjasama produksi bersama pesawat tempur generasi 4,5, KFX/IFX.

Proyek kerjasama ini terkait dengan kerjasama industry antara KAI dengan BUMN Strategis PT. Dirgantara Indonesia (PT DI) untuk memproduksi 17 pesawat KT-1 dan kerjasama berkaitan pembelian 16 pesawat latih jet T-50 yang dipesan Indonesia 2011 lalu.


Noh mengatakan, KAI ingin melebarkan jejaknya di Indonesia, namun momen yang ada sekarang masih terlalu kecil dan skala ekonominya masih belum terlalu menguntungkan.

Untuk itu, KAI meminta PT. DI agar dapat merakit pesawat latih jet T-50 di Indonesia dan mengambil alih beberapa aktivitas produksi komponennya. Hal ini serupa dengan program pengadaan pesawat latih dasar KT-1.

Namun demikian, Noh mengungkapkan, program kerjasama mengenai T-50 ini belum ada kesepakatan final, dan masih dalam tahap pembicaraan.*

Sumber : itoday