Pages

Friday 8 February 2013

China harus hentikan provokasi sengketa maritim

 
... China tidak dapat melakukan ancaman, mencari wilayah-wilayah dan menimbulkan sengketa-sengketa wilayah... "

Washington: - China semakin terang-terangan menyatakan niat mengerahkan kekuatan miiter dalam konflik maritim dengan Jepang atas Kepulauan Senkaku. Menyikapi ini, Menteri Pertahanan Amerika Serikat, Leon Panetta, Rabu, mendesak China jangan mengancam negara-negara lain.


Panetta mengatakan ia mengimbau kepada mitra-mitranya di Beijing untuk merundingkan perjanjian-perjanjian regional untuk menyelesaikan pertikaian-pertikaian wilayah maritim.

Menjawab pertanyaan tentang ketegangan-ketegangan antara China dan Jepang menyangkut Kepulauan Senkaku setelah menyampaikan pidato di Universitas Georgetown, Panetta cemas bahwa situasi menyangkut klaim-klaim wilayah seperti itu bisa pada akhirnya tidak dapat dikendalikan.

Ia menambahkan, "Satu negara atau lainnnya dapat bereaksi melalui satu cara yang dapat menciptakan satu krisis lebih luas."

Ketegangan meningkat menyangkut sengketa pulau itu ketika Jepang mengatakan satu kapal perang China menguncikan radarnya pada satu kapal perang Jepang di Laut China Timur pekan lalu.

Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe, menyebut tindakan itu berbahaya dan provokatif. Panetta mengatakan, Amerika Serikat dan negara-negara lain harus bekerja sama untuk menyelesaikan "tantangan-tantangan bersama" termasuk perompakan, bencana alam dan sengketa-sengketa wilayah.

"China tidak dapat mengancam negara-negara lain. China tidak dapat melakukan ancaman, mencari wilayah-wilayah dan menimbulkan sengketa-sengketa wilayah," kata Panetta.
Sumber : ANTARA News