Pages

Saturday 2 March 2013

Menhan Sarankan Presiden SBY Low Profile di Eropa Timur


Metrotvnews.com, Jakarta: Presiden Susilo Bambang Yudhoyono akan mengunjungi Eropa Timur selama lima hari mulai pekan depan. Sebelum berangkat, Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro memberikan pandangan tentang kekuatan alat utama sistem persenjataan (alutsista) Indonesia. Ia menyarankan Presiden SBY low profile di antara negara yang sedang terbelit krisis itu.

"Tadi saya diminta datang, diminta laporan apa yang dilakukan untuk nanti perjalanan ke Jerman dan Eropa Timur. Sebaiknya kita juga low profile di sana, karena memang mereka kan negara-negara Eropa sekarang kan juga sedang krisis. Jadi saya beri masukanlah mengenai dari sisi pertahanan kepada Presiden," kata Purnomo usai menemui Presiden di Komplek Istana Presiden, Jumat (1/3).

Purnomo menerangkan alutsista Indonesia saat ini banyak juga yang dibeli dari negara Eropa Timur, termasuk dari Jerman. Ia mengingatkan banyak alutsista Indonesia yang masih digunakan saat ini berasal dari Eropa Timur dan masih kuat digunakan.

Untuk kekuatan alutsista, Purnomo menilai Indonesia sudah lebih baik kondisinya ketimbang negara Eropa Timur, terkecuali Jerman. Meski begitu, ia tidak menampik jika nanti ada kerja sama dalam pengadaan alutsista.

"Coba nanti dilihat kerja samanya bagaimana, karena kan kalau alutsista dari Eropa Timur itu murah tapi memang framenya itu bagus. Jadi lebih kuat alat-alatnya," terang Purnomo yang tidka ikut dalam kunjungan tersebut.

Dikatakan Purnomo, kondisi alutsista Indonesia saat ini sudah bisa dibandingkan dengan negara tetangga lainnya. Ia bahkan sesumbar kekuatan dan keahliannya sudah seimbang.

"Sebetulnya (alutsista) imbang juga. Kayak Sukhoi, itu sebetulnya Sukhoi yang kita punya compareable untuk F15 dimana negara tetangga kita kan juga punya F15. Bahkan kemarin waktu latihan bersama di Australia dengan Super Hornet, kita cukup bisa menyeimbangi mereka, cukup baik," tutup Purnomo.(Dsy)

Sumber Metrotv