Pages

Wednesday 17 April 2013

Timor Leste Bakal Adopsi Sistem Pemerintahan Indonesia

Xanana ingin adopsi sistem Pemerintahan Indonesia (Foto: Reuters)
Xanana ingin adopsi sistem Pemerintahan Indonesia (Foto: Reuters)
KEFA: Pemerintah Timor Leste bakal mengadopsi sistem pemerintahan Indonensia seperti Kota Madya dan DPRD untuk diterapkan di negaranya. Hal ini dilakukan guna membenahi dan melengkapi sistim pemerintahan di negara bekas provinsi ke-27 Indonesia itu.

Perdana Menteri Xanana Gusmao mengatakan, Sistim Kota Madya dan DPRD itu akan dipelajari serta dibahas. Jika cocok maka sudah dipastikan bakal diterapkan pada sejumlah distrik yang ada di Negara baru Timor Letse pada tahun depan.

"Kita tengah pelajari sistem Kota Madya dan DPRD di Indonesia untuk diterapkan di Timor Leste." Ungkap Xanana Gusmao menggunakan bahasa Indonesia sekembalinya dari Distrik Oecusi melalui Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) NTT, belum lama ini.

Selain sistem pemerintahan di Indonesia, pihaknya juga tengah mempelajari sistem lain disejumlah Negara Maju di Asia untuk dipelajari sistem mana yang menguntungkan jika diterapkan di sejumlah Distrik pada negaranya.

Sekadar diketahui, sistem pemerintahan yang sedang digunakan negara itu saat ini adalah sistem pemerintahan konstitusional atau sistem pemisahan kekuasaan, sehingga terdapat empat lembaga tinggi negara masing-masing Presiden Republik, Parlemen Nasional, Pemerintah dan Lembaga Peradilan.

Pemerintah sebagai lembaga eksekutif mempunyai kekuasaan untuk menjalankan undang-undang, sehingga Perdana Menteri sebagai kepala pemerintah mengepalai dewan menteri atau kabinet.

Sumber okezone