Pages

Sunday 5 May 2013

Inggris Tolak Dukung Kemerdekaan Papua Barat

Pembukaan Kantor Free Wet Papua di Inggris (Foto: Facebook)
JAKARTA: Organisasi Papua Barat atau Free West Papua Campaign (FWPC) baru saja membuka perwakilan mereka di Inggris. Dibukanya perwakilan tersebut bisa saja dianggap bahwa Inggris mendukung kemerdekaan Papua.

Namun demikian, pihak Kedutaan Inggris dalam keterangan tertulisnya menegaskan bahwa mereka tidak mendukung kemerdekaan Provinsi Papua ataupun Papua Barat.

"Seperti yang ditegaskan oleh Pemerintah Inggris saat kunjungan Presiden Yudhoyono beberapa waktu lalu. Inggris tidak mendukung keinginan Provinsi Papua ataupun Papua Barat untuk merdeka," pernyataan pihak Kedubes Inggris dalam keterangan tertulis yang dikirim kepada Okezone, Jumat (3/5/2013).

"Inggris memiliki kebijakan yang sejak dulu mendukung integritas teritorial Indonesia," tegas pernyataan itu.

Seperti diketahui sebelumnya, Organisasi Papua Barat membuka kantor perwakilan mereka di Kota Oxford. Pembukaan perwakilan itu juga dihadiri oleh Wali Kota Oxford Mohammed Abbasi. Namun Kedutaan Inggris menyatakan, Pemerintah Kota Oxford tidak mempengaruhi kebijakan luar negeri Inggris.

"Pemerintah Kota Oxford tidak bisa mempengaruhi kebijakan luar negeri kami dan mereka mengambil keputusan untuk menghadiri pembukaan perwakilan Free West Papua berdasarkan keputusan sendiri," tutur Kedubes Inggris.

Acara itu juga dihadiri perwakilan dari  Pengacara Internasional untuk Papua Barat (ILWP) dan pendukung Organisasi Papua Barat yang ada di Belanda.

Sumber Okezone