Pages

Wednesday 26 March 2014

Foto Pengguna Paspor Curian MH370 Direkayasa?

Foto Pengguna Paspor Curian MH370 Direkayasa?
(kiri-kanan) Foto dua warga Iran yang diidentifikasi bernama Pouria Nour Mohammad Mehrdad (berumur antara 18-19 tahun) dan foto Delavar Seyedmohammaderza (29 tahun) yang dirilis Polisi Malaysia pada konferensi pers di Sepang, Malaysia (11/3). Kedua pria ini adalah pengguna paspor curian yang menaiki pesawat Malaysia Airlines jet MH370 yang menghilang sejak Sabtu lalu.
 
 Kuala Lumpur - Tudingan Malaysia sengaja menutup-nutupi terkait hilangnya pesawat Malaysia Airlines MH370 kembali diungkap media Inggris. Kali ini mereka menyatakan foto dua penumpang yang diduga menggunakan paspor palsu di MH370 adalah hasil rekayasa.

Mail Online memuat kembali foto dua pria penumpang MH370  itu, Pouria Nour Mohammad Mehrdad, 19 tahun, dan Delavar Seyed Mohammadreza, 28 tahun. Dalam foto itu, bagian pinggang ke bawah keduanya sama persis, menimbulkan kecurigaan foto telah direkayasa. Kesamaan meliputi bentuk kaki, posisi, dan bayangan yang sama, sedangkan wajah, kaus, dan tas yang mereka pakai berbeda.
Foto-foto ini menjadi pembicaraan hangat para pengagung teori konspirasi terkait nasib pesawat MH370 yang menghilang dengan 239 penumpang dan awak lebih dari dua minggu lalu. Salah satu pengguna Twitter menulis, "Mereka berdua memiliki kaki yang sama, diedit atau kebetulan? Dan kalian percaya pemerintah kami tidak menyembunyikan apa pun."

Polisi Malaysia mengakui foto itu karena kesalahan saat menfoto kopi, yakni satu foto ditempatkan di atas foto lainnya. Sumber itu menyatakan, hal itu semata karena kesalahan teknis. Mereka tidak bermaksud untuk merekayasa.

Sebelumnya, polisi Malaysia menyatakan dua orang pengguna paspor palsu itu adalah imigran gelap. Mereka pergi ke Malaysia dengan paspor Iran sebelum terbang kembali dengan paspor Austria dan Italia hasil curian.

Tadi malam Prancis mengatakan satelit mereka melihat puing-puing MH370 yang bisa jadi merupakan bagian dari jet yang hilang itu. Benda-benda ini  terekam di Samudera Hindia bagian selatan, arah dimana Boeing 777 mungkin telah berbalik arah pada penerbangan yang dijadwalkan dari Kuala Lumpur ke Beijing. Sebelumnya, satelit Cina dan Australia juga menangkap gambar objek yang mengambang di Samudra Hindia.

tempo