Pages

Thursday 24 July 2014

Sudah 400 Jiwa Tewas, PBB: Invasi Israel Mengerikan!

Sudah 400 Jiwa Tewas, PBB: Invasi Israel Mengerikan!
Tentara Israel yang tewas dalam pertempuran di Gaza dievakuasi. | (Reuters)
GAZA - Sekretaris Jenderal PBB, Ban Ki-moon mengutuk pembunuhan banyak warga Palestina dalam invasi Israel di Jalur Gaza yang belum berhenti. Total jumlah warga Palestina di Gaza yang tewas  selama invasi Israel berlangsung sudah mencapai 400-an orang.

“Itu tindakan mengerikan!” kata Ki-moon, yang menyerukan segera diakhirinya invasi Israel yang sudah berjalan hampir dua minggu ini. Komentar Ki-moon itu disampaikan Minggu kemamrin, menjelang pertemuan darurat Dewan Keamanan PBB di Gaza pada Senin (21/7/2014).

Pertemuan darurat itu atas permintaan Yordania. Pihak Amerika Serikat (AS) yang merupakan sekutu Israel juga terus mengupayakan gencatan senjata. Menteri Luar Negeri AS, John Kerry, sedang menuju Mesir untuk mengupayakan gencatan senjata di Gaza.

Dalam pertemuan darurat itu, Ki-moon dijdawalkan bertemu Emir Qatar, Sheikh Tamim bin Hamad al-Thani, Presiden Palestina, Mahmoud Abbas, dan Menteri Luar Negeri Qatar, Khaled al-Attiya. Sebelum pertemuan darurat itu, Ki-moon melakukan perjalanan ke Doha.

“Sementara saya sedang perjalanan ke Doha, saya tahu puluhan warga sipil lainnya telah tewas dalam serangan militer Israel di Gaza. Saya mengutuk tindakan mengerikani itu,” kata Ki-moon, dalam sebuah pernyataan setelah melakukan pembicaraan dengan Attiya, seperti dikutip Al Jazeera.

”Israel harus menahan diri secara maksimum. Saya ulangi permintaan saya kepada semua pihak, bahwa mereka harus menghormati hukum kemanusiaan internasional. Kekerasan harus berhenti sekarang,” tegasnya.

Sementara itu, selama invasi di Gaza, Israel telah kehilangnya 13 tentaranya. Bahkan, satu tentara Israel diklaim telah diculik sayap militer Hamas, Brigade al-Qassam.


Sindow