Pages

Monday 4 August 2014

Israel yang Bunuh Ratusan Orang, AS Justru Sebut Hamas Barbar

Hamas
Hamas

GAZA — Amerika Serikat menuding Hamas telah melanggar perjanjian gencatan senjata dengan Israel yang disepakati terjadi selama 72 jam hingga Sabtu (2/8) ini. Hal tersebut merujuk pada penyergapan di wilayah Rafah kemarin yang menewaskan dua orang tentara Israel dan satu komandan perang mereka Letnan Hadar Goldin disekap oleh Hamas.

Washington menuduh Hamas melakukan aksi barbar dengan tidak mengindahkan gencatan senjata yang sudah disepakati. Komitmen Hamas dalam gencatan senjata yang ikut dimediasi oleh Turki, Qatar, dan AS serta PBB ini pun dipertanyakan.

Namun, Hamas balik menuding Israel sebagai pemicu keruntuhan gencatan senjata itu. Pasalnya, militer Israel disebut telah melakukan penyerangan ke terowongan Hamas yang menyebabkan terjadinya pernyergapan oleh Qassam Brigades.

Dikutip dari Reuters, Sayap bersenjata Hamas ini akhirnya harus membunuh dua tentara Israel dan menyekap komandan mereka, Letnan Goldin. Tetapi Hamas sendiri tidak mengetahui seperti apa keadaan Goldin saat ini.

“Kami tidak memiliki informasi pada saat ini tentang tentara (Goldin) yang disebutkan hilang itu, apakah dia masih hidup atau tidak,” demikian pernyataan korps Qassam yang dinukil dari reuters Sabtu.

Di sisi lain, Israel melalui siaran radio mereka menyebut Qassam terakhir terlihat berada di tengah jasad dua tentara yang tewas dalam penyergapan yang dilakukan oleh Hamas. Namun, pihak Israel sendiri tidak yakin apakah Goldin masih hidup atau ikut tewas.

Sebelumnya, Israel merespons keras penyergapan yang dilakukan oleh Hamas di Rafah kemarin. Membabi buta, militer Israel menyerang wilayah yang diduga merupakan tempat persembunyian Hamas. Sebanyak 150 orang Palestina tewas akibat serangan brutal Israel ini.

REPUBLIKA