Pages

Friday 24 October 2014

Rusia Siap Pasok Kapal Selam Project 636 ke Indonesia Kamis,

ILUSTRASI KAPAL SELAM RUSIA/NET
  

RMOL. Indonesia dan Rusia sepakat untuk memperluas hubungan kerjasama dalam sejumlah sektor, termasuk militer dan energi.

Menteri Industri dan Perdagangan Rusia Denis Manturov menyebut, dalam bidang militer, Rusia siap memasok sejumlah peralatan militer ke Indonesia, termasuk kapal selam. Hal itu disebutkannya usai menggelar pertemuan dengan Presiden Indonesia Joko Widodo di Istana Negara (Selasa, 21/10).

"Indonesia telah memiliki pengalaman dalam membeli peralatan kami seperti helikopter, pesawat, kendaraan lapis baja dan barang-barang lainnya," ujarnya dikutip kantor berita Rusia Itar-tass.

"Kami sedang mempertimbangkan kemungkinan memasok kapal selam (tipe) Project 636 diesel-listrik (ke Indonesia)," sambung Manturov.

Dalam pertemuannya dengan Jokowi itu, kata Manturov, kedua negara sama-sama berharap dapat meningkatkan perdagangan antar-negara dari semula 3 miliar dolar AS menjadi 5 miliar dolar AS dalam kurun waktu dua tahun mendatang.

Ia menjelaskan, ada rencana untuk meningkatkan kerjasama dalam bidang energi dan pembangunan kilang minyak Rusia di Indonesia.

"Rekan kami Indonesia telah mengangkat isu ini untuk pertama kalinya," kata Manturov.

"Kami siap untuk membahas dan mengembangkan hal ini," tandasnya. [mel]

Rmol