Pages

Tuesday 7 October 2014

TNI: Ini Perayaan HUT Terbesar


TNI: Ini Perayaan HUT Terbesar  
Helikopter Apache melintas di atas barisan prajurit TNI AD yang melakukan persiapan gladi bersih HUT TNI di Dermaga Ujung, Mako Armatim, Surabaya, 4 Oktober 2014. TEMPO/Fully Syafi

 Surabaya - Perayaan hari ulang tahun Tentara Nasional Indonesia (TNI) ke-69 dinilai sebagai yang terbesar, yang pernah diselenggarakan TNI. "Pada perayaan HUT TNI tahun ini digelar kekuatan terbesar sepanjang sejarah," kata Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Ida Bagus Putu Dunia dalam konferensi pers di Dermaga Ujung, Surabaya, Sabtu, 4 Oktober 2014.

Putu menjelaskan kekuatan yang dipamerkan pada peringatan kali ini merupakan hasil dari pengadaan alutsista selama tahun 2009-2014. Proses pengadaan ini kerja sama antara Kementerian Pertahanan dan Markas Besar TNI. "Ini memang kebijakan yang diambil TNI untuk diketahui masyarakat Indonesia, dan juga masyarakat international," katanya.

Rencananya, peringatan HUT TNI ke-69 akan melibatkan 18.580 prajurit dari ketiga angkatan dan pengerahan alutsista secara besar-besaran. TNI AD akan memamerkan 192 alutsista, TNI AL menerjunkan 195 alutsista, dan TNI AU mengerahkan 139 pesawat.

TEMPO.CO