Pages

Friday 28 November 2014

3 'Jenderal PBB' Ternyata Sempat Bertamu ke Kodam


Pekanbaru - 3 'Jenderal PBB' di Medan ini ternyata sempat hendak menemui jenderal asli. Mereka bertamu ke Kodam I/Bukit Barisan dan bertemu Pangdam Mayjen TNI Winston P Simanjuntak. Mau apa mereka?

"Belum tahu maksudnya. Yang jelas mereka belum sempat ketemu Panglima (Pangdam)," kata Kepala Staf Kodam (Kasdam) Bukit Barisan Brigjen Cucu Somantri di ruang VIP Bandara SSK II Pekanbaru, Kamis (27/11/2014).

Cucu yang berada di Pekanbaru untuk mengawal kunjungan Presiden Jokowi ini menambahkan, 3 berbaju jenderal tersebut diterima petugas piket dan dipersilakan di ruang tamu. Petugas melakukan pemeriksaan identitas dan dipastikan ketiganya bukan jenderal.

Kira-kira apa motif 3 jenderal gadungan datang ke Kodam? "Mungkin penipuan. Tapi kami belum tahu pasti karena sudah diserahkan ke polisi," jelas Cucu.

Berdasarkan pemeriksaan Polresta Medan, 3 'jenderal PBB' itu bernama Aditya Bambang Mataram, Syarifuddin P Simbolon, dan Jemmy Mokodompit. Mereka warga sipil, bukan anggota TNI. Ketiganya diserahkan personel Detasemen Polisi Militer (Denpom) 1/5 Medan ke Mapolresta, Selasa (18/11) sore.

Saat ini, 3 'jenderal PBB' itu dilepas dan dikenakan wajib lapor. Ketiganya dipersangkakan pasal memakai atribut pejabat negara, subsider Pasal 507 KUHP tentang penggunaan tanda kehormatan (satyalancana).

Dalam penjelasannya lewat e-mail kepada detikcom, ketiga orang itu menyangkal sebagai jenderal gadungan. Mereka mengaku dari United Nation The Peace Keeping Forces South East Asia (UN-TPKFCSEA) atau Pasukan Perdamaian PBB Wilayah Asia Tenggara.(detikNews)