Pages

Tuesday 4 November 2014

KRI IMAM BONJOL TANGKAP TIGA KAPAL IKAN VIETNAM


 

Kapal Republik Indonesia (KRI) Imam Bonjol - 383 yang merupakan salah satu unsur KRI jajaran Komando Armada RI Kawasan Barat (Koarmabar) di bawah binaan Satuan Kapal Eskorta, berhasil menangkap tiga kapal ikan dengan ABK berkewarganegaraan Vietnam, di Perairan Natuna, Senin (3/11/2014). Saat penangkapan KRI Imam Bonjol-383 yang tengah melaksanakan Operasi Rajawali Arnawa di bawah kendali operasi Guskamlaarmabar. 
Ketika tertangkap tangan, ketiga kapal Asing tersebut tengah melaksanakan penangkapan ikan secara ilegal di perairan Natuna namun berhasil terdeteksi oleh radar Sperry Marine KRI Imam Bonjol-383. Selanjutnya kontak diidentifikasi secara visual dengan menggunakan teropong dan kemudian  diketahui sebagai tiga buah kapal ikan Vietnam. Ketiga kapal tersebut berhasil dihentikan pada posisi 03° 23’ 55” LU dan 105° 44’ 42” BT. Ketiga kapal ikan Asing tersebut selanjutnya diperintahkan untuk merapat ke lambung kiri KRI Imam Bonjol–383 untuk proses pemeriksaan dan penggeledahan.
Dari hasil proses pemeriksaan diketahui bahwa ketiga kapal tersebut merupakan kapal ikan Vietnam yang masing-masing bernama KG 90433 TS. ATS 006, KG 94366 TS. ATS 005 dan KG 94266 TS. ATS 012.  Saat tim pemeriksa menanyakan tentang muatan maupun dokumen penangkapan ikan yang syah, para nahkoda dari ketiga kapal ikan Vietnam  itu ternyata tidak dapat menunjukkan kelengkapan surat-suratnya. Kemudian berdasarkan hasil temuan tersebut, Komandan KRI Imam Bonjol-383 segera memerintahkan ketiga kapal tersebut untuk dikawal menuju Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Tarempa guna proses pemeriksaan lebih lanjut.
(Dispenarmabar)
TNI AL