Pages

Tuesday 20 January 2015

KSAD: Saya Siap Mundur, dalam 3 Tahun Indonesia Tidak Swasembada Pangan

Jakarta - Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Gatot Nurmantyo mengaku optimistis swasembada pangan dapat terwujud dalam tiga tahun ke depan. Bahkan Gatot sesumbar jika tidak tercapai, ia siap mundur dari jabatannya.

"Jadi pada saat di hadapan presiden, beliau memerintahkan seluruh angatan darat untuk membantu mewujudkan swasembada pangan," ujarnya usai menghadiri Silaturahmi KASAD Dengan Forkompinda prov/kab,kota dan komponen masyarakat se-wilayah Jabar dan Banten, di Graha Tirta Siliwangi, Kota Bandung, Selasa (13/1/2015).

Gatot menyatakan akan berusaha semaksimal mungkin untuk bisa mewujudkan hal itu. "Karena itu diperintah oleh Presiden, apabila dalam tiga tahun tidak swasembada pangan maka saya tidak bisa melaksanakan perintah presiden. Dan pasti saya akan mengundurkan diri," ucap Gatot dengan tegas.

Optimisme Gatot bukan tidak beralasan, ia menyebut seluruh stakeholder di Indonesia melalui tanggungjawabnya masing-masing akan berusaha mewujudkan swasembada pangan.

"Beberapa waktu lalu seluruh kodam-kodam kita melaksanakan kegiatan pembelajaran (ketahanan pangan) di Bone, mengapa di Bone karena di sanalah yang sudah terlihat hasil yang signifikan dari 2008 sampai 2014 tidak pernah menurun," jelasnya.

Selain itu, beberapa waktu lalu dalam rapat pimpinan yang digelar di Balai Kartini Jakarta bersama Kepala Dinas di seluruh Indonesia, sudah dibicarakan bagaimana mewujudkan swasembada pangan.

"Sekitar 500 lebih itu hadir untuk membicarakan bagaimana mewujudkan swasembada pangan. Tentunya nanti aplikasinya disesuaikan dengan kondisi daerah masing," tandasnya.