Pages

Tuesday 24 March 2015

Pesawat Tempur Rafale Perancis Unjuk Gigi Pada TNI dan Pemereintah

Dua pesawat tempur Rafale dari Perancis mendarat di Lanud Halim Perdanakusuma Senin (23/3), guna presentasi dan demo karakteristik pesawat tempur itu di hadapan pejabat TNI juga Pemerintah.  Kedatangan salah satu pesawat tempur andal di dunia saat ini, tersebut difasilitasi pihak PT Dirgantara Indonesia (PT DI), setelah digelarnya Langkawi Internasional Maritime and Aerospace 2015, di Malaysia beberapa hari yang lalu.   

Imam Muhtofa dari PT DI menyatakan terdapat dua jenis Rafale yaitu single seat dan double seat dengan lima pilot yang datang ke Indonesia. Tujuannya untuk presentasi dan demo dari dekat terhadap karakteristik pesawat tempur Rafale, sehingga dapat menjadi pertimbangan bagi TNI dan pemerintah untuk alternatif pengganti pesawat F 5 E Tiger TNI AU.

Sementara itu Mayor Pnb A. Zailani yang merupakan Kepala Seksi Operasi dan Latihan, Dinas Operasi Lanud Halim Perdanakusuma menyatakan pada Selasa (24/3) direncanakan akan ada tiga penerbangan demo udara Rafale yang dilakukan oleh para penerbang tempur TNI AU dari Lanud Iswahyudi, Madiun.  Sedangkan Pada Rabu (25/3) direncanakan akan adajoyflight dengan pesawat rafale yang membawa para pejabat pemerintahan yaitu dari kementerian pertahanan dan Mabes TNI maupun TNI AU Selain dua pesawat tempur Rafale tersebut, mendarat pula di Lanud Halim Perdanakusuma sebuah pesawat Airbus A 400 sebagai pendukung kegiatan tersebut yang mengangkut crew  Rafale beserta peralatan tekniknya. (TNI AU)