Pages

Thursday 6 March 2014

Ini Penampakan Gudang Amunisi Pasukan Katak dari Satelit


 
Google Earth
Jakarta - Akses menuju markas pasukan katak Pondok Dayung, Jakarta Utara, hingga kini masih ditutup. Tak ada yang boleh masuk kecuali tim penyidik polisi dan TNI Angkatan Laut. Bagi yang penasaran soal lokasi persis ledakan, hanya bisa mengakses dari citra satelit.

Lewat fasilitas google earth, detikcom menelusuri titik gudang amunisi yang meledak pukul 09.21 WIB, Rabu (5/3/2014) kemarin. Ada sejumlah bangunan di pulau itu, mulai dari gedung serba guna, perkantoran hingga fasilitas olahraga.

Seorang staf penerangan TNI AL sempat menunjukkan denah pulau tersebut. Dia memastikan gudang amunisi terletak tak jauh dari lapangan sepakbola. Bangunannya kecil dan terapit area perkantoran.



Menurut staf tersebut, ruang amunisi terdiri dari dua lantai dan memiliki basement. Nah, di basement itulah terdapat senjata dan bahan peledak. Sumber ledakan diduga kuat dari tempat tersebut.

Kadispen TNI AL Laksamana Pertama Untung Surapati sebelumnya mengatakan, sebelum ledakan ada pemeriksaan rutin di basement tersebut. Namun tiba-tiba sekitar pukul 09.20 WIB asap mengepul dari dalam ruangan dan ledakan terjadi tak lama kemudian.

Dugaan sementara, asap hitam muncul karena korsleting listrik. Ledakan kuat hingga menimbulkan korban dipicu oleh TNT yang ada di bagian terpisah ruangan basement. Pihak TNI AL menegaskan tak ada mortir di ruangan tersebut.

detik