Pages

Thursday 18 September 2014

HUT ke-69, TNI bakal berikan 'kado' buat SBY di akhir jabatannya

HUT ke-69, TNI bakal berikan 'kado' buat SBY di akhir jabatannya
Presiden SBY saksikan Latgab TNI.

 - Perayaan HUT TNI ke-69 yang diselenggarakan di Surabaya akan berlangsung sangat megah. TNI akan menurunkan ratusan alutsista baik dari AD, AU, dan AL untuk melakukan parade di hadapan tamu negara dan juga Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Kapuspen TNI Mayjen Fuad Basya mengatakan, perayaan HUT TNI yang berlangsung pada 7 Oktober 2014 mendatang adalah bentuk kado istimewa dari TNI jelang berakhirnya masa pemerintahan SBY yang sudah sepuluh tahun memimpin negeri ini.

"Kenapa megah? Perayaan HUT TNI ke-69 ini sekaligus juga kita melepas beliau (SBY) yang sudah sepuluh tahun mengabdi. Mudah-mudahan dengan ini beliau punya kepuasan di bidang TNI yang sudah banyak perubahan-perubahan saat beliau menjabat," kata Fuad, dalam acara Family Gathering dengan Wartawan Puspen TNI, di Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (17/9).

Fuad mengaku belum dapat merinci berapa besar anggaran negara yang akan dikeluarkan untuk perayaan HUT TNI tersebut. Menurut dia, biasanya untuk operasional saja TNI mengeluarkan sebesar Rp 20 miliar untuk acara tersebut.

"Biaya operasional Rp 20 miliar, itu di luar biaya lain. Anggaran pasti dari negara. Ini juga bentuk pertanggungjawaban kita, sekaligus menepis anggapan TNI lemah," jelas Fuad.

Menurut Fuad saat ini 18.000 personel TNI sudah dikirim ke Surabaya untuk melakukan pelatihan. Beberapa alutsista dari tiga angkatan pun sudah dikirim dan ditempatkan di pos masing-masing.

"Saya berharap acara bisa berjalan dengan lancar," tandasnya.

Merdeka