Pages

Saturday 25 May 2013

Polisi Indonesia bantah pembunuhan massal di Papua


Sebuah wawancara ABC dengan Jonah Wenda, Juru Bicara sayap militer Organisasi Papua Merdeka menyebut unit anti terorisme Kepolisian dan Militer Indonesia  telah melakukan pembunuhan massal yang mengakibatkan 11 tewas dan 20 lainnya menghilang.
Juru Bicara Kepolisian Daerah Papua, I Gede Sumerta  melalui hubungan telefon kepada Radio Australia, Jumat(24/5) menegaskan hal tersebut merupakan kabar bohong.
Dia juga mengkonfirmasi bahwa tidak ada operasi gabungan militer sepanjang bulan April lalu dimana dikatakan peristiwa pembunuhan terjadi.
“Itu omong kosong. Kalau itu terjadi pasti akan heboh seantero jagat,”katanya.
Dia menyebutkan nama nama korban dan gambar yang dikirimkan oleh Jonah Wenda bisa jadi merupakan korban dari perang antar suku.
“Jangan jangan diperoleh dari korban perang suku. Bisa saja karena kalau di Pegunungan Tengah itu kan banyak terjadi perang suku,” jelasnya.
ABC menerima sejumlah gambar mengerikan yang dikirimkan lewat email, seperti halnya wawancara dengan Jonah juga dilakukan melalui email karena gagal dengan sambungan telefon.
Jonah Wenda dalam pertukaran teks sempat menulis soal kondisi para korban.
"TNI dan polisi melakukan ini. Mereka ditangkap dari tempat yang berbeda seperti sekolah, taman, di jalan dan bahkan diambil dari rumah mereka dan membunuh mereka dan melemparkan mereka di semak-semak, pinggir jalan dan melalui di sungai."
Dari laporan ini tak satu pun dari klaim soal korban dapat diverifikasi, kendati  mereka sangat mirip di alam untuk tuduhan pelanggaran HAM oleh pasukan keamanan Indonesia.

Radio Australia