Pages

Saturday 7 December 2013

KRI Tanjung Nusanive-973 Debarkasi Pasukan Yon Armed Kostrad


armed-subSurabaya : Kapal Perang Republik Indonesia KRI Tanjung Nusanive-973 yang merupakan kapal perang di jajaran Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) dengan komandan Letkol Laut (P) Irwan Sondang Parluhutan Siagian, melaksanakan debarkasi pasukan TNI AD Batalyon Artileri Medan (Yon Armed) 8/12 Brigif II Kostrad Jember Jawa Timur, di Dermaga Pelabuhan Jamrud Utara, Tanjung Perak Surabaya.

Pasukan TNI AD Yon Armed 8/12 Brigif II Kostrad Jember, Jatim yang berjumlah 488 Orang Personel tersebut, telah selesai melaksanakan operasi pengamanan daerah rawan (Pamrahwan) di wilayah Maluku dan Maluku Utara selama lebih kurang enam bulan.

Kedatangan pasukan tersebut, disambut dengan upacara militer yang dipimpin Panglima Divisi (Pangdiv) II Kostrad Mayjen TNI Agus Kristanto, selaku inspektur upacara (Irup), dan dihadiri oleh seluruh Asisten Pangdiv II, Pamen dari Kodam V Brawijaya, Pamen Armatim, Pamen Lantamal V, Satlinlamil Surabaya dan pasukan gabungan pendukung dari Gartap III Surabaya.

KRI Tanjung Nusanive-973 dari Maluku mengangkut dua Batalyon yaitu pasukan dari Yon Armed 8/12 Brigif II Kostrad Jember serta Yonif 611/Awang Long Kodam VI/Tanjung Pura yang sudah enam bulan bertugas melaksanakan tugas operasi Pamrahwan di Maluku dan Maluku Utara.

Kegiatan KRI Tanjung Nusanive-973, dalam melaksanakan operasi angkutan laut militer dalam rangka mendukung pergeseran pasukan ke daerah-daerah rawan ini, merupakan salah satu tugas pokok Kolinlamil.

Tugas-tugas lain yang selalu aktif dilaksanakan Kolinlamil setiap tahunnya adalah di antaranya pergeseran pasukan ke daerah perbatasan (Pamtas) serta pergeseran pasukan ke pulau-pulau terluar RI yang berbatasan dengan negara tetangga (Pamputer)

(dispen Kolinlamil/sir)

Teks Gbr- Debarkasi Pasukan TNI – AD Yon Armed 8/12 Brigif II Kostrad Jember Jatim, KRI Tanjung Nusanive-973 di Dermaga Pelabuhan Jamrud Utara, Tanjung Perak Surabaya.

poskota